Untuk para pencinta Minuman, mengawali hari Bersama secangkir Minuman hangat tentu Dari Sebab Itu ritual wajib yang sulit dilewatkan. Berbagai studi Sebelumnya Itu sudah membuktikan mengonsumsi kurang Untuk empat cangkir Minuman hitam tanpa gula setiap hari, punya segudang manfaat Untuk Kesejaganan dan bikin panjang umur.
Tetapi, studi terbaru yang dipublikasikan Untuk jurnal NPJ Science of Food mengungkapkan fakta Memikat lainnya. Efek Minuman Di penuaan tubuh ternyata sangat bergantung Di cara penyajiannya, Di Minuman saring (filtered coffee) vs Minuman instan.
Minuman Saring Bikin Awet Muda
Untuk studi tersebut, para peneliti Membahas data Untuk hampir 49.500 partisipan yang terdaftar Di UK Biobank, Bersama rata-rata usia 56,4 tahun. Selain mengisi kuesioner mengenai pola makan dan kebiasaan minum Minuman, usia biologis para peserta juga diukur secara ketat.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT
Sebagai informasi, usia biologis menggambarkan Kepuasan kerusakan tubuh Di tingkat seluler, berbeda Untuk usia kronologis (jumlah tahun manusia hidup). Pengukuran ini dilakukan Lewat tiga indikator utama:
- Panjang telomer leukosit relatif (pelindung DNA Di sel).
- Percepatan PhenoAge atau pengukuran Bersama indikator tes darah rutin Untuk Mengantisipasi tingkat penuaan sel, risiko Gangguan, dan Kesejaganan secara keseluruhan.
- Percepatan usia biologis Metode Klemera-Doubal atau Klemera-Doubal Method (KDM).
Hasilnya, orang-orang yang rutin meminum Minuman saring mencatatkan skor percepatan usia biologis yang lebih rendah serta Memiliki telomer yang lebih panjang. Untuk dunia medis, indikator ini erat kaitannya Bersama proses penuaan yang lebih sehat dan lambat.
Sebagai Alternatif, mereka yang gemar mengonsumsi Minuman instan justru Menunjukkan skor percepatan usia yang lebih tinggi dan ukuran telomer yang lebih pendek.
“Konsumsi Minuman saring berkaitan Bersama penurunan risiko penuaan biologis. Sebagai Alternatif, Minuman instan justru berhubungan Bersama peningkatan risiko percepatan penuaan,” tulis kesimpulan studi tersebut, dikutip Untuk Huffington Post.
Tips Maksimalkan Manfaat Minuman
Ingin tetap Memperoleh manfaat Kesejaganan yang maksimal Untuk secangkir Minuman favoritmu? Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:
- Hindari gula tambahan: Meminum Minuman tanpa gula atau pemanis buatan adalah Kunci utama agar manfaat antioksidannya tidak rusak.
- Pilih Minuman saring: Menggunakan filter atau penyaring Pada menyeduh Minuman dinilai lebih aman dan berkhasiat Untuk Kesejaganan sel tubuh dibandingkan Minuman instan.
- Waktu minum yang tepat: Menikmati sajian berkafein Sesudah selesai sarapan diketahui dapat mengoptimalkan manfaat kesehatannya Untuk tubuh.
Kendati masih diperlukan Studi Bersama Detail Untuk membuktikan hubungan sebab-akibat secara pasti, tak ada salahnya mulai beralih Hingga Minuman saring Untuk menjaga tubuh tetap awet muda.
Halaman 2 Untuk 2
(sao/suc)
Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia: Terungkap Lewat Studi, Jenis Minuman Ini Bisa Bikin Awet Muda dan Panjang Umur











